Hal yang Perlu Diketahui tentang CD & DVD

Hal yang Perlu Diketahui tentang CD & DVD

Bagi pengguna komputer, media penyimpanan tentu memiliki peran yang sangat penting. Media penyimpanan. Perangkat yang satu ini sangat penting karena penggunaan komputer tentu terkait juga dengan akses file, baik itu file pekerjaan atau file media lainnya dengan format berbeda-beda. File-file ini kemudian akan tersimpan di media penyimpanan dalam komputer. Untuk media penyimpanan utama, tentu saja itu adalah harddisk yang terpasang di komputer. Selain itu, ada juga pilihan media penyimpanan eksternal seperti cd & dvd. CD dan DVD tentu bukanlah hal yang asing dan banyak juga yang menggunakannya saat ini.

Perbedaan CD & DVD

Hal yang Perlu Diketahui tentang CD & DVD

CD dan DVD memang sangat umum digunakan. Biasanya, orang akan menggunakan dua perangkat penyimpanan ini untuk mengakses lagu, video, ataupun film. Sebagian orang yang terbiasa menggunakan aplikasi pun tentu sangat akrab dengan dua media ini karena sebagian besar driver atau installer aplikasi akan tersedia dalam bentuk kepingan CD ataupun DVD. Ketika membeli aplikasi baru, umumnya itu tersimpan dalam dua jenis kepingan media penyimpanan ini, walau sekarang juga banyak yang sekedar memberikan access code untuk mengunduh installer software tersebut secara online.

Sebenarnya, cd & dvd tak bisa dibilang sama. Dari namanya saja, ada perbedaan. CD adalah singkatan dari Compact Disk. Sesuai namanya, ini memberikan desain yang ringkas dibandingkan disk pada umumnya yang berukuran besar seperti pada disk-disk lama untuk lagu seperti pada gramophone. Lalu, DVD adalah singkatan dari Disk Video Digital. Dari segi perkembangannya, CD muncul terlebih dahulu. Setelah itu, DVD baru muncul dan ini hadir sebagai perkembangan dari CD.

Perkembangan yang terasa sangat besar dan sekaligus menjadi pembeda utama adalah dalam hal kapasitas yang disediakan. Pada CD, kapasitas memori yang tersedia ada kisaran 700MB. Di masa awal kemunculan CD, tentu ini merupakan kapasitas yang cukup besar bila dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya seperti floppy disk atau disket yang hanya mampu menawarkan kapasitas penyimpanan di bawah 2MB. Sedangkan, DVD menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar lagi dibandingkan CD. Setidaknya DVD mampu memberikan kapasitas mencapai 4,7GB. Selisih antara 4GB ini menjadi perbedaan besar yang sekaligus menunjukkan perkembangan teknologi yang ada. Karena itulah, CD mulai banyak ditinggalkan ketika DVD muncul.

Belakangan ini, DVD pun juga mengalami perkembangan. Ini ditandai dengan kehadiran DVD Blu Ray. Sebenarnya, ini bukanlah suatu perbedaan signifikan layaknya pada CD dan DVD. Blu Ray lebih merujuk pada kualitas gambar yang ada, khususnya pada video. Video dengan kualitas Blu Ray hadir dengan tingkat grafis yang lebih baik, terutama pada kontras dan ketajaman gambar. Karena itu, DVD Blu Ray menghadirkan kualitas yang bagus ketika itu dalam penggunaan untuk film. Kapasitas Blu Ray pun bisa lebih besar karena kualitas gambar yang lebih bagus.

Perbedaan R dan RW pada Cd & DVD

Setelah mengetahui perbedaan antara CD dan DVD, tentu pemahaman anda sudah semakin jelas. Namun, masih ada hal yang lebih mendetail lagi tentang dua kepingan media penyimpanan ini. Bila anda pernah membeli CD atau DVD kosong, anda tak jarang menemui adanya tanda CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW. Adanya tambahan R dan RW pada bagian belakang dari CD dan DVD ini bukanlah sekedar tambahan biasa. Tentunya, ini tidak berkaitan dengan kualitas dari dua kepingan ini. Bila tentang kualitas, ini biasanya ditentukan oleh harga dan brand yang memproduksinya karena tergantung pada bahan dan proses pembuatannya.

Adanya R dan RW ini menyimbolkan sesuatu. Sebelum itu, ada baiknya juga untuk tahu proses perekaman data ke dalam CD dan DVD. Dalam prosesnya, dikenal istilah burning. Ini disebut burning karena proses perekaman data atau file ke dalam CD dan DVD dilakukan dengan teknologi laser layaknya memahat atau membakar permukaan dari kepingan penyimpanan ini. Lapisan yang ada diumpamakan dibakar oleh sinar laser yang ada. Dalam prosesnya, dikenal pula session. Sesion merujuk pada periode atau waktu ketika penyimpanan terjadi. Single session berarti bahwa semua file tersimpan dalam satu periode yang sama, dan multisession berarti bahwa ada beberapa session dalam penyimpanan disk tersebut. Lalu, istilah R pada CD dan DVD berarti Recordable. Ini berarti bahwa CD dan DVD dengan tambahan R memungkinkan anda menggunakannya untuk perekaman atau penyimpanan data tambahan ketika kapasitas yang ada masih tersisa. Misalkan saja, anda menyimpan file 200MB, ini berarti masih ada sekitar 500MB pada CD anda yang bisa digunakan. Hal yang sama pun terjadi pada DVD. Lalu, RW merujuk pada Rewriteable. Ini berarti bahwa CD dan DVD tersebut bisa digunakan beberapa kali di mana file yang tersimpan di dalamnya masih bisa ditimpa atau dihapus. Ini akan sangat berguna pada penggunaan berulangkali walau tidak akan seefektif flashdisk dan HDD eksternal karena cd & dvd relatif lebih rentan terhadap goresan pada permukaannya yang bisa membuatnya tak lagi bisa digunakan.