Hal Menarik tentang SSD yang Perlu Anda Ketahui

Hal Menarik tentang SSD yang Perlu Anda Ketahui

Untuk pengguna komputer, berbagai perangkat perlu dipertimbangkan dengan sangat baik. Pemilihan hardware yang cocok akan meningkatkan peforma pekerjaan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer tersebut. Tentunya, ini tidak sekedar pemilihan keyboard, mouse, dan hardware yang digunakan secara kasat  mata saja. Selain hardware yang digunakan eksternal tersebut, bagian dalam dari suatu komputer juga perlu dipertimbangkan, dan salah satunya adalah media penyimpanan. Sekarang ini, ada hard disk dan ssd yang bisa dijadikan pilihan. Keduanya memiliki fungsi yang sama, tapi tentu tetap saja ada perbedaan.

Jenis-jenis SSD

Hal Menarik tentang SSD yang Perlu Anda Ketahui

Dari segi fungsi, SSD dan harddisk atau HDD memang memiliki fungsi sama. Keduanya adalah media utama untuk penyimpanan data dan file. Ketika anda menyimpan data atau pekerjaan anda, itu akan masuk ke dalam disk penyimpanan yang terpasang ini. Dalam hal ini, SSD bisa dibilang merupakan pengembangan dari HDD. Walau memiliki fungsi sama, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh SSD. Perbedaan pun bisa dilihat dari struktur atau komponen penyusun dua disk penyimpanan ini. SSD dibuat lebih sederhana karena tidak lagi disusun oleh disk yang berputar sebagai bagian utama, tapi ini digantikan dengan komponen yang lebih sederhana dan lebih ringkas. Karena itu pula ini disebut SSD atau Solid State Drive karena tidak ada bagian yang bergerak dan berputar selama beroperasi.

Dari segi jenisnya, ssd sebenarnya memiliki banyak jenis. Salah satu yang umum dijumpai adalah SSD SATA. SATA merupakan singkatan dari Serial Advanced Technology Advancement. Dari segi ukuran, SSD SATA tidak jauh berbeda dengan HDD pada umumnya. Penggunaan atau pemasagannya pun sama dengan pemasangan HDD karena konektor yang digunakan sama. Tentunya, jenis SSD ini cukup umum digunakan dalam komputer. Dalam laptop, jenis media penyimpanan ini juga masih bisa digunakan khususnya pada laptop yang menggunakan jenis port konektor yang sama dengan harddisk pada umumnya.

Yang kedua adalah SSD mSATA. Ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari SSD SATA. Nama mSATA sendiri merujuk pada nama mini SATA. Sesuai nama yang diberikan, ini bisa dibilang adalah versi mini atau versi sederhana dari SSD SATA. Hanya saja, ini tidak membuat ukurannya sepenuhnya berbeda. Yang menjadi pembeda utamanya adalah tidak adanya casing seperti halnya pada jenis SATA. Hanya saja, karena tidak adanya bagian luar sebagai case dan diambil board komponen-nya saja, mSATA sangat rentan terhadap panas karena tidak adanya tambahan pendingin atau thermal yang biasa ditemukan di case-nya.

Yang ketiga adalah SSD M.2. Dari desainnya, bentuk SSD ini sangatlah berbeda karena memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Bahkan, orang yang tidak tahu bisa saja menyalahartikan ini sebagai RAM. Ukurannya menjadi lebih kecil dan memanjang. Ini merupakan pengembangan dari SSD mSATA dan lebih banyak digunakan dalam laptop. Jens ini pun menjadi dikembangkan lagi dan akhirnya muncul SSD M.2 NVMe. Jenis inilah yang sekarang paling banyak dijumpai dan sangat populer digunakan di laptop terkini. Bahkan, tak jarang laptop sengaja memberikan slot tambahan untuk pemasangan SSD jenis NVMe ini.

Kelebihan SSD dibandingkan Harddisk

SSD

Bila berbicara tentang kelebihan, tentu saja SSD memiliki banyak kelebihan dibandingkan HDD. Hal ini karena memang SSD merupakan pengembangan dari HDD dan mengatasi masalah-masalah yang umum dijumpai di HDD. Dalam hal ini, salah satu kelebihan utama dari SSD adalah proses write dan read yang lebih cepat. Sebagaimana yang disebutkan, fungsi keduanya adalah untuk menyimpan data. Selama ada menggunakan komputer, di sana ada proses membaca dan menyimpan data secara otomatis. Dengan transfer rate yang lebih cepat, tentu anda bisa memproses data lebih cepat. Salah satu yang paling kelihatan adalah ketika proses booting menyalakan komputer dan proses pembukaan aplikasi. Kecepatannya pun bisa berkali-kali lipat dari Harddisk.

Selain itu, yang juga sangat bagus dari SSD adalah tidak adanya bunyi. Sebagai Solid State Drive, tidak ada piringan yang berputar ketika komputer digunakan. Dengan komputer yang masih menggunakan HDD, anda tentu sering mendengar suara desing ketika anda sedang menyimpan data atau menyalakan komputer. Dengan SSD, hal ini tidak akan terjadi. Selain itu, tidak adanya piringan akan membuatnya lebih tahan lama ketika digunakan. Walau anda sering membawa laptop anda bepergian dalam keadaan hibernasi sekalipun, media penyimpanan tidak akan mudah rusak karena tidak ada piringan yang berputar.

Selain itu, SSD tentu sangat hemat tenaga. Ini juga berkaitan dengan piringan yang berputar. Memutar piringan tentu akan lebih memakan energi listrik daripada tidak adanya piringan. Ketika anda menggunakan komputer, barangkali ini tidak akan menunjukkan perbedaan yang berarti. Namun, ketika anda menggunakan laptop, anda akan melihat bahwa konsumsi daya baterai akan mengalami penurunan cukup signifikan pada penggunaan ssd sehingga bisa berimbas secara tidak langsung pada ketahanan baterai laptop anda.